Pages

Have an account?
Have an Facebook account? Log in
Have an Twitter account?
Selamat Datang di blog 4Prapanca. Trimakasih atas kunjungannya.

Kata Motivasi Semangat

Musuh yang paling berbahaya diatas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberaniandan keyakinanyang teguh.
(Andrew Jackson)

Kamis, 01 Maret 2012

Contoh PIDATO Bahasa Indonesia (persuasi) || Untuk Ujian Praktek XII


Nama : Prapanca Pandapotan Sidabutar
Kelas : XII-B
BATIK

Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat Ibu Kepala SMAN 1 CIGOMBONG, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan staf Tata Usaha serta teman – teman yang saya sayangi.
            Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dipagi yang cerah ini kita dapat berkumpul bersama untuk memperingati “Hari Batik Nasional”.
Teman – teman dan hadirin yang saya cintai.
            Pada kesempatan ini marilah kita sejenak memikirkan tiap hasil karya anak bangsa. Suatu karya yang sangat berarti bagi negeri ini. Namun tidak ada artinya bila sekarang negara lain masih mengakui bahwa tiap kebudayaan dan karya anak bangsa adalah miliknya.
            Cukup ironis rasanya disetiap detik anak bangsa menghasilkan karya batik yang bernilai tinggi di negeri lain namun di negeri ini justru rasa peduli untuk apresiasi sangat kurang, sehingga negara lain mengakui karya tersebut miliknya. Seperti M*****a . Entah siapa yang dapat disalahkan dalam kejadian ini.
Teman – teman sekalian.
            Peran penting kita sangat diperlukan demi terlestarinya tiap karya yang dihasilkan. Beruntunglah, ketika malaysia mengakui bahwa batik, reog ponorogo, lagu rasa sayange adalah milik negaranya. Pada saat itu masih ada anak bangsa yang berjuang bahwa yang diakui m*****a, sesungguhnya adalah karya kebudayaan Indonesia. Dan saya termasuk anak bangsa yang memperjuangkan hal tersebut. Begitu pula saya yakin bahwa teman – teman dan hadirin, sama seperti anak bangsa yang lain. Yang tak ingin karya bangsanya diakui oleh negara lain.
            Bersyukur perjuangan anak bangsa mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dan terpenting adalah sekitar satu tahun yang lalu ketika  m*****a  mengakui beberapa karya anak bangsa miliknya.  dan ditetapkan bahwa batik adalah 100 % INDONESIA beserta karya dan kebudayaan Indonesia yang lain.
Teman – teman dan hadirin yang saya cintai.
            Kini semua ada di pundak kita semua. Apa yang kita perjuangkan dan kita dapatkan saat ini belum tentu kita dapat pertahankan di hari esok. Tapi saya yakin kita semua adalah orang hebat. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “Orang yang hebat adalah orang tidak mengulang kesalahannya kembali”.
Jadi, alasan kenapa kita berkumpul disini sambil menggunakan pakaian batik ialah tidak lain agar terlestarinya kebudayaan dalam kehidupan kita dan jadi wujud nyata apresiasi kita terhadap tiap budaya dan karya anak bangsa. Dan patutlah kita bangga, kini disemua channel tv terdapat iklan dengan logo salah satunya ialah “Cinta Karya Anak Bangsa dan Budaya, 100 % INDONESIA”. Itu merupakan salah satu usaha untuk mempertahankan dan membuat agar negeri ini lebih mengenal tiap karya dan lebih mencintai karya anak bangsa. Dan bagaimana dengan kalian? Saya yakin tiap individu mempunyai caranya masing – masing.
            Dan ini merupakan salah satu cara kita melestarikan batik dengan menggunakan batik saat ini dan setiap hari sabtu. Jadi mari kita gunakan batik selalu, sesuai dengan waktu yang kita sepakati yaitu  tiap hari sabtu sebagai salah satu wujud kita bangga akan karya dan kebudayaan Indonesia.
            Sebagai penutup ada kata motivasi semangat, yaitu “Cintai dan Hargailah Karya Budaya Negeri mu karena itu adalah Ciri khas dari Negeri mu”. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kekurangan.
Terimakasih atas perhatiannya. Selamat pagi.
--------------------------------------------------------------------------------------
Masih belajar dalam mempersiapkan dan membuat sebuah teks pidato.
Maaf bila banyak kekurangan dan kesalahan. Trimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow blog with your facebook acount!